Wednesday 27 April 2016

Bahasa Indonesia.




Bahasa Indonesia ialah bahasa yang digunakan di negara kita.
Rasanya gue malu malu banget sama pelajaran ini, gue tinggal di Indonesia dan gue juga berbahasa Indonesia walaupun kadang - kadang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benarnya. Tapi tetap aja nilai bahasa Indonesia gue dari zaman SD sampai kuliah nilainya jelek.

Dosa apa gue sama dosennya 2 kali ngulang pelajaran Bahasa Indonesia dan berpotensi untuk mengulang ke 3 kalinya mengikuti pelajaran bahasa Indonesia. Rasanya gue pengen update status di facebook : 
"Ya Allah mudahkanlah nilai saya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia"  dengan deskripsinya : Yang meng-Aminkan status ini akan masuk surga dan mendapatkan pahala berlimpah.

Rasanya susah banget mendapat nilai "A" Oke kalau A itu nilai ketinggian, paling nggak dapet B aja.
Dulu jaman gue sekolah SD nilai bahasa Indonesia gue dapet 5. Tapi giliran disuruh mengarang dikertas selembar, gue lalap itu kertas hingga bagian paling bawah kertas yang udah nggak ada garisnya gue tulis.

Apa karena gue yang terlalu "Alay" atau bahkan gue nya yang terlalu "g4uL" karena memakai bahasa Indonesianya jarang - jarang. 

Oke, gue mau share sedikit jadi senin malam ini, lupa ikutan UTS Bahasa Indonesia yang sebenarnya ini kali ke-2 nya gue mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia. Bayangin gue udah 2 kali ikutan pelajaran Bahasa Indonesia terus bakalan ngulang lagi. Gimana mamake gue kalau sampai tahu? 

Padahal gue udah sadaaaaar kalau Bahasa Indonesia itu penting banget, makanya gue udah nggak pernah bolos kayak sebelumnya. Coba bayangin kalau gue belum sadar bahasa Indonesia itu penting. Mungkin kalian yang lagi baca tulisan gue bakalan sakit mata parah.

Liat tulisan "g4uL" aja pasti langsung mencetuskan dalam hati "idih alay banget sih si Dewi!"
Apalagi kalian liat tulisan gue yang setiap paragraph tulisannya pake angka sama huruf. 
Jangankan baca, liatnya aja langsung ingin close tab.

Nah bisa kebayangkan betapa pentingnya belajar Bahasa Indonesia yang benar?
Dari cara penulisan misalkan nih diblog gue semua tulisannya disingkat - singkat.
Contoh :
"Aduh, mlm ni ad kuliah gy!!"
"Ak pgn mam nasi py belum plg kuliah, mlz dh."

Bisa ancur mood para pembaca liat tulisan begini. Langsung komentar dalam hati : "Yaelah Mba, daripada Mba nulis panjang lebar nggak ada yang baca mendingan belajar Bahasa Indonesia yang benar dulu deh!"

Nah kan.. Sekali lagi betapa pentingnya  belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Please Pak Dosen saya khilaf nggak ikut UTS kemarin, bukannya saya nggak mau ikutan UTS. Tapi asli saya nggak tau jadwalnya kalau malam itu ada UTS.
Loh Kenapa gue jadi curhat?

 Ok Fix! Please, jangan ikutin jejak gue! 


Saran gue untuk teman - teman yang sedang belajar Bahasa Indonesia "Jangan Males!" karena pada saat belajar Bahasa Indonesia memang suka merasa sok pintar. Karena kita merasa berada di Negara Indonesia dan tinggal di Indonesia terkadang kita suka merasa takabur, dari takabur itu timbullah perasaan sombong. Lalu dari kesombonganlah yang akan menjatuhkan diri kita.

No comments:

Post a Comment